Senin, 21 Februari 2011

Hati-Hati dengan KEYLOGGER !!

Woconen disik boss.. (Pahami) !
 keylogger adalah mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard (bekerja diam diam alias tidak terketahui oleh kita secara kasat mata). Apapun yang anda tuliskan atau ketikkan akan tampil dan tersimpan dalam keylogger tersebut. Manfaat buruk keylogger adalah digunakan untuk mencuri password dan username atau bahkan bisa juga untuk mencuri nomor credit card. Beberapa keylogger juga dilengkapi untuk mengirim hasil tangkapanya ke email tertentu. Akan tetapi keylogger bisa juga digunakan sebagai sarana back up data. Maksudnya anda bisa saja ketika mengetikkan sesuatu tiba-tiba software ketikan anda rusak atau not responding dan anda kehilangan hasil ketikan anda. Anda sudah mencoba merecovery (kalau pake word ada autorecovery kan??), tetapi tidak semuanya bisa berhasil anda selamatkan. Nah dengan keylogger anda bisa mengembalikan hasil ketikan susah payah anda. Anda juga bisa menggunakan keylogger untuk mengawasi aktivitas anak anda ketika menggunakan komputer. Misal situs-situs tertentu yang anda larang untuk dibuka. Tentunya keylogger yang dilengkapi dengan fasilitas ini.
Dalam percobaan kecil saya, saya menginstal beberapa keylogger tertentu dikomputer saya. Ternyata banyak juga yang sebelum diinstal saja, alias baru diliat foldernya, keylogger tersebut langsung dikenali oleh antivirus Norton Saya (Update Virus definition terakhir tanggal 23 Agustus 2010) dan langsung didelete. Namun ada juga beberapa buah keylogger yang sukses terinstal dan tidak bisa dideteksi oleh Antivirus saya. Dengan demikian, antivirus sebenarnya bukanlah jaminan utama komputer bisa bersih dari software yang memiliki sifat “mencuri informasi ini”. Saya gunakan software keylogger killer juga tidak mempan untuk mematikan semua keylogger. Tidak ada jaminan 100% bahwa sebuah komputer bisa bebas dari kegiatan illegal.
Dalam situasi penting dan kadang riskan anda sering kali membutuhkan password dan koneksi internet untuk melakukan sesuatu transaksi atau aktivitas. Internet yang untuk publik atau bisa dipakai siapa saja komputernya akan sangat rawan pada kegiatan “illegal”. Misalnya komputer di warnet (atau kantor) dipasangi keylogger sehingga aktivitas anda terpantau dan tidak lagi rahasia. Password anda bisa dicuri dan disalahgunakan. Seberapa komplex dan rumitnya password anda pasti bisa diketahui dengan software ini. Saya terkadang lebih aman bermain di warnet yang dilengkapi dengan perangkat deepfreeze atau cleansheat atau norton goback or ghost, dari pada warnet yang tidak dilengkapi dengan engine ini, karena dengan adanya mesin ini saya tahu bahwa keylogger dan virus dapat diatasi atau minimal dikurangi dan dihilangkan sementara, (kecuali jika admin warnetnya brengsek mengintal keylogger duluan sebelum deepfreeze diaktifkan) asal kita restrat dulu komputernya, walaupun tentunya saya juga kerepotan jika pengen mengintal software tertentu dan menggunakan kembali.
Keylogger kadang atau dalam pengalaman saya tidak bisa mendeteksi kopi paste. Dengan demikian anda bisa mengakali keylogger dengan mengkopipastekan password anda. Ini berguna jika anda tidak begitu percaya pada komputer yang anda gunakan. Lebih aman lagi jika anda membuat suatu kumpulan kata atau huruf yang banyak yang di dalamnya terdapat kata untuk username anda sekaligus paswordnya. Bisa juga anda pecah-pecah passwordnya menjadi beberapa bagian. Dengan cara ini keylogger pasti tidak bisa mendeteksi password anda.
Akan tetapi keylogger kadang kala dilengkapi dengan screen shot tertentu yang bisa disetting kapan waktu mencaptur image dari screen komputer kita. Nah dengan cara ini password kita juga bisa diketahui jika kita menyimpannya tidak dalam bentuk yang komplek atau mudah dikenali. Cara mengatasinya sisipkan atau lebih baik pecah-pecah kata password dan username anda menjadi beberapa bagian (lebih komplek dari cara pertama) dan baru kemudian anda kopi pastekan bagian-bagian password maupun username satu per satu.
Tapi saya yakin anda akan tidak nyaman dengan mengikuti petunjuk saya diatas. Saya cuma bisa berkata: Ingat!! Keamanan sering kali berbanding terbalik dengan kenyaman. Monggo praktekan !! nek durung saged, iso sinau marang KULO,, free bossss !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar